Selasa, 13 April 2010

ikan ikan menarik di samudra [PIC]

1.Zeus Faber (John Dory)

Zeus Faber (juga dikenal sebagai John Dory in Great Britain) adalah ikan laut dalam dengan warna yg unik dan tubuh yg rata. Zeus Faber umumnya ditemukan di bagian timur laut di Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. tubuhnya berkisar antara 20-30 cm,terkadang sampai 50 cm dan sampai 8 kilo beratnya. Zeus Faber memiliki 9-10 duri panjang pada sirip punggungnya,dan memiliki 21-25 duri pada sirip ekor duri dengan 3-4 duri yang keras dan 20-23 lembut ke belakang. individu dewasa memiliki ciri berwarna gelap, kuning besar di setiap sisi yang terlihat seperti mata yg berguna untuk mengalihkan perhatian sementara mangsa mereka.Makanan hewan ini adalah ikan kecil, sarden, sprat, dan assouses.


2.Imperator Angelfish (Pomacanthus Imperator)

Imperator Angelfish berasal dari keluarga Pomacanthidae ditemukan di Atlantik, hindia, dan Pasifik Barat. Dibandingkan dengan ikan lainnya dari ukuran yang sama,Imperator Angelfish dicirikan oleh kombinasi yg paling elegan dari keindahan dan keanggunannya.Imperator Angelfish juga memiliki keluarga sekitar 13 jenis angelfish.Imperator Angelfish adalah salah satu ikan yg indah yg sebagian besar berjenis angelfish.individu Juvenile berwarna biru dengan putih bergaris-garis yg diuraikan pada tepi garisnya. Seperti bagian dari keluarga angelfish lainnya, mereka mengubah warna mereka ketika memasuki usia dewasa. individu Dewasa bisa dicirikan oleh badan biru tua dengan garis-garis kuning dan miring,mereka mencapai ukuran maksimum 38 cm. Mereka memakan alga dan lumut laut pada terumbu karang.

3.Yellowtail Wrasse (Coris Gaimard)

Yellowtail Wrasse adalah hewan laut yang ditemukan di pantai berbatu dan terumbu karang di Samudra Pasifik.individu Juvenile ini bisa dicirikan dengan badan merah terang dengan bintik-bintik putih sepanjang bagian belakang dan samping dengan ekor putih hampir transparan. dan tubuh individu dewasa yg lebih besar. Ia memiliki kepala merah dengan garis-garis hijau-biru dan tubuh hijau tua dengan banyak bintik-bintik biru pada ekor. Setelah mencapai usia dewasa, ekor berubah warna menjadi kuning cerah. Yellowtail Wrasse tumbuh sampai 40 cm.ikan ini Sangat sering menjadi mangsa mudah bagi hiu

4.Orangespine Unicornfish (Naso Lituratus)

Orangespine Unicornfish adalah salah satu spesies ikan tropis dari genus naso. hewan ini biasanya ditemukan pada zona tropis di Pasifik dan Samudra Hindia.Orangespine Unicornfish mendapatkan namanya dari dua pasang ekor duri fleksibel yang seperti pisau bedah dokter dan mempunyai warna orange.Hewan Ini berbahaya bagi penggemar berburu bawah laut serta nelayan.Orangespine Unicornfish tumbuh sampai ukuran 15-45 cm. Mereka kadang-kadang bisa menjadi individu soliter,Orangespine Unicornfish mencari sumber makanan di terumbu karang pada siang hari.

5.Red Lionfish (Pterois Volitans)

Red Lionfish merupakan ikan laut berbisa yang ditemukan di sekitar terumbu karang dan di perairan dangkal dari barat Samudra Pasifik dan Hindia.Hewan ini memiliki fitur berwarna merah yg sangat cerah pada tubuh yang berfungsi sebagai peringatan bahwa hewan ini berbisa.Sebagian hewan ini berbahaya seperti singa.Hewan ini memiliki durinya yang dapat menyebabkan luka tusukan yg menyakitkan dan lukanya bisa berlangsung selama seminggu.Hewan ini memiliki ukuran tumbuh sampai panjang 30 cm dan berat sampai 1 kg.Pada siang hari,hewan ini bersembunyi dalam gua dan meletakkan karang dan sirip spiney di depannya. Ketika malam datang,Red Lionfish berjalan untuk berburu.dan dapat bergerak sangat cepat untuk menangkap mangsanya. Biasanya ia memakan kepiting, udang, moluska, dan ikan kecil.

6.Flagtail Pipefish (Doryrhamphus)

Flagtail Pipefish adalah ikan yg tinggal di bawah laut dari keluarga Syngnathidae. Doryrhamphus tersebar luas di Samudera Pasifik tropis dari Afrika Timur ke Amerika.Hewan ini di cirikan oleh moncong panjang dan sangat terang berwarna kemerahan pada tubuh coklat gelap dengan garis biru horizontal dan memiliki ekor berujung putih. Doryrhamphus mencapai panjang maksimum 14 cm.Hewan ini memakan udang dan kepiting
.

7.Leafy Seadragon (Phycodurus Eques)

Leafy Seadragon merupakan ikan laut yg bersepupuan dekat dengan kuda laut (Hippocampus genus).Hewan ini adalah satu-satunya wakil dari genus Phycodurus. Tumbuh sampai dengan 45 cm.Mereka menghuni perairan tropis dan subtropis di laut dangkal Australia Selatan dan Barat.Ia memiliki tonjolan yang meliputi tubuh menyerupai daun, dan itulah kenapa Phycodurus mendapat naman tsb. Tonjolan ini tidak berfungsi sebagai sirip,tapi melainkan topeng.Seadragon sebagai ganggang laut,ia memakan plankton, ganggang dan debu air.Dan Seadragon pun ternyata di pakai untuk lambang nasional negara bagian Australia Selatan.


8.Ocellaris Clownfish (Amphiprioninae Ocellaris)

Ocellaris Clownfish berasal dari subfamili clownfish/Amphiprioninae dalam famili Pomacentridae. Mereka di cirikan oleh ukurannya yg agak kecil (11 cm in lengh),dan memiliki 2-3 warna emas oranye-terang, merah dan kuning pada badannya dan 2-3 garis-garis putih dan hitam melengkapinya. Clownfish memperoleh nama mereka dari penampilan luar biasa mereka dan perilakunya.Clownfish Ocellaris mendiami terumbu karang di perairan hangat di Pasifik dan Samudra Hindia, termasuk Laut Merah dan Great Barrier Reef.Ocellaris Clownfish juga pernah menjadi karakter utama dalam film Disney-Pixar pada tahun 2003 "Finding Nemo."

kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar